Perikanan
Idho | 18 Jan 2022
Ikan-ikan Monster Penghuni Laut Dalam

Belut Cusk

Belut cusk (Ophidiidae) hidup di dasar laut dan mereka mengubur dirinya dengan ekor untuk bersembunyi dari predator. Ikan ini hidup di kedalaman 6.000 hingga lebih dari 10.000 meter di bawah laut.

Credit: National Geographic

Anglerfish

Anglerfish (Lophiiformes) dikenal dengan antenanya yang bercahaya di kepalanya. Ikan ini hidup pada kedalaman 2.000 meter di bawah permukaan laut.

Credit: Oceana

Ikan Barreleye

Ikan Barreleye (Macropinna microstoma) merupakan ikan yang memiliki kepala yang transparan. Ikan ini hidup di kedalaman 200 hingga 1.000 meter di bawah permukaan laut.

Credit: YouTube/MBARI

Ikan Viper

Ikan viper Pasifik (Chauliodus macouni) memiliki taring panjang yang mencuat keluar dari mulutnya. Ikan ini hidup di kedalaman 200 hingga 1.500 meter di bawah permukaan laut.

Credit: MBARI

Snailfish

Selain ikan barreleye, snailfish Mariana (Pseudoliparis swirei) juga memiliki bagian tubuh yang transparan. Snailfish merupakan salah satu spesies ikan yang hidup di wilayah paling dalam, yaitu sekitar 8.000 meter di bawah laut.

Credit: University of Washington

Hiu Goblin

Hiu goblin (Mitsukurina owstoni) termasuk salah satu jenis hiu yang memiliki bentuk unik. Hidup di laut dalam, hiu goblin tinggal di kedalaman sekitar 1.300 meter di bawah permukaan laut.

Credit: Smithsonian Ocean

Blobfish

Blobfish (Psychrolutes marcidus) mendapatkan namanya dari bentuknya yang mirip seperti gumpalan ketika diambil dari air. Ikan ini hidup di kedalaman 600 hingga 1.200 meter dan sering ditemukan di perairan Australia. 

Credit: flickr.com