Hortikultura
Idho | 10 Aug 2021
Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa Basmi Serangga

Penangkap lalat venus

Saat serangga menjejakkan kaki di bagian dalam bunga itu, secara otomatis penangkap lalat venus akan tertutup dan menjebak serangga itu.

Credit: Pixabay.com

Kantong semar

Katanya kalau di hutan sana, katak jadi salah satu mangsa tanaman Kantong Semar ini dan satu-satunya bagian tubuh yang tidak dicerna tumbuhan ini adalah kulit kakinya.

Credit: Pixy.org

Kantong semar kuning

Bagian dalam lubang tumbuhan ini dipenuhi dengan air hujan. Sekalinya ada serangga terbang yang masuk ke dalamnya, mereka tidak akan pernah lagi bisa terbang keluar.

Credit: Pxhere.com

Bunga bakung kobra

Dikatakan bunga bakung kobra ibarat seperti labirin di mata serangga. Bunga ini akan menunjukkan dinding tembus cahaya seakan arah yang dituju serangga itu merupakan pintu keluar. Padahal sebenarnya arah serangga itu semakin ke dalam.

Credit: Coastexplorermagazine.com

Butterwort

Tanaman ini punya kemampuan seperti lem super yang membuat serangga hinggap dan tak bisa ke mana-mana lagi. Perlahan-lahan nantinya tumbuhan ini akan menyerap nutrisi dari tubuh serangga yang tertangkap.

Credit: Id.pinterest.com

Nepenthes

Seperti jenis kantong semar lainnya, tumbuhan ini menjebak serangga dengan cairan yang menggoda mereka. Beberapa Nepenthes berukuran cukup besar sampai bisa menjebak tikus dan kadal.

Credit: Pixabay.com